PENDAHULUAN
Bukanlah pemuda yang mengatakan inilah AYAHKU, Sesungguhnya pemuda adalah mereka yang berkata "INILAH AKU" (Ali bin Abi Thalib) PEMUDA merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa,kader masyarakat dan kader keluarga. Pemuda selalu ϑî identikan dengan perubahan, betapa tidak peran pemuda dalam membangun bangsa ini, peran pemuda dalam menegakkan keadilan, peranpemuda yang menolak kekuasaan. Didalam masyarakat, pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya. Sejarah telah mencatat kiprah pemuda-pemuda yang tak kenal waktu yang selalu berjuang dengan penuh semangat biarpun jiwaraga menjadi taruhannya. Indonesia merdeka berkat pemuda-pemuda Indonesia yang berjuang seperti Ir. Sukarno, Moh. Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo dan lain-lain dengan penuh mengorbankan dirinya untuk bangsa dan Negara. Dalam sebuah pidatonya, Sukarno pernah mengobarkan semangat juang Pemuda. Apa kata Sukarno "Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia". Begitu besar peranan pemuda di mata Sukarno, jika ada sembilan pemuda lagi maka Indonesia menjadi negara Super Power. Lalu bagaimanakah dengan pemuda kini? apakah tugas kitasebagai pemuda? dan apakah semangat pemuda sekarang sudah mulai redup, seolah dalam kacamata negara dan masyarakat seolah-olah atau kesannya pemuda sekarang malu untuk mewarisi semangat nasionalisime Peran Pemuda, Permasalahan dan Tantangannya 1. PERAN PEMUDA Kebanyakan orang berpikir saat masih muda mereka hanya menganggap tugas mereka adalah sekolah, bekerja dan menikah. Tapi apakah sesimple itu dalam memandang dan menjalani hidup tanpa memikirkan apa yang sedang terjadi pada lingkungan sekitar, krisis moral, krisis ekonomi, dan berbagai krisis multidimensial yang melanda bangsa kita. Berdasarkan berbagai potensi dan kesempatan yang dimiliki oleh pemuda, tidak sepantasnyalah bila ia hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya. Jangan pernah kita mengatakan kalau kita pemuda sedang kita hanya duduk-duduk, diam, menonton, hanya bisa memerintah dan menikmati kondisi tanpa mau peduli. Lalu apakah peran kita? 1.1 Pemuda Sebagai "Iron Stock" (Generasi Pengganti) Generasi muda adalah generasi pengganti yang tua. Jadi, pemuda ϑî harapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya. Ia merupakan aset, cadangan,harapan bangsa untuk masa depan.Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi mudalah perubahan-perubahan besar terjadi, dari zaman nabi,kolonialisme, hingga reformasi, pemudalah yang menjadi garda depan perubah kondisi bangsa. Lantas sekarang apa yang kita bisa lakukan dalam memenuhi peran Iron Stock tersebut ? Jawabannya tak lain adalah dengan memperkaya diri kita dengan berbagai pengetahuan baik itu darisegi keprofesian maupun kemasyarakatan, dan tak lupa untuk mempelajari berbagai kesalahan yang pernah terjadi digenerasi-generasi sebelumnya. Lalu kenapa harus Iron Stock ? Bukan "Golden Stock" atau "milenium stock" saja? Mungkin didasarkan atas sifat besi itu sendiri yang akan berkarat dalam jangka waktu lama, sehingga diperlukanlah penggantian dengan besi-besi baru yang lebih bagus dan kokoh. Hal itu sesuai dengan kodrat manusia yang memiliki keterbatasan waktu, tenaga, dan pikiran. 1.2 Pemuda Sebagai ´Agent of Change (Generasi Pembaharu) Artinya adalah pemuda sebagai agen dari suatu perubahan. Kenapa harus ada perubahan.? Karena menurut saya kondisi bangsa saat ini jauh sekali dari kondisi ideal, dimana banyak sekali penyakit-penyakit masyarakat yang menghinggapi hatibangsa ini, mulai dari pejabat-pejabat atas hingga bawah, dan tentunya tertular pula kepada banyak rakyatnya. Sudah seharusnyalah kita melakukan sesuatu terhadap hal ini. Lalu pemuda yang manakah yang di maksud dengan Agent of Change tentunya pemuda yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap diri nya sendiri dan bangsa ini, berjiwa kepemimpinan bukan PROVOKATOR.
0 comments:
Post a Comment